KABUPATEN ENDE BUKA PENDAFTARAN UNTUK 1.381 CPNSD - Seputar Ende Lio
Ende Berita :
Home » » KABUPATEN ENDE BUKA PENDAFTARAN UNTUK 1.381 CPNSD

KABUPATEN ENDE BUKA PENDAFTARAN UNTUK 1.381 CPNSD

Setelah moratorium selama 2 tahun, kini kesempatan untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) kembali dibuka oleh pemerintah pusat. Dan terkait hal ini, Pemerintah Kabupaten Ende mendapatkan jatah cukup banyak. Untuk tahun 2013 Kabupaten Ende membuka pendaftaran untuk 1.381 CPNSD dari formasi umum dan tenaga honorer. Demikian disampaikan Plt. Sekda Kabupaten Ende Sukadamai Doa Sebastianus kepada wartawan saat jumpa pers di Lantai II Kantor Bupati Ende, Senin (9/9). 

Kepada wartawan, Sebas Sukadamai menjelaskan bahwa penerimaan CPNSD sudah sangat ketat. Semua keputusan terkait penerimaan CPNSD dilakukan oleh pemerintah pusat, setelah menerima usulan dari Pemerintah Kabupaten dan dilakukan verifikasi kebutuhan pegawai. 

Sejumlah variabel pertimbangan penerimaan CPNSD antara lain, belanja public mesti lebih besar dari belanja pegawai, analisis jabatan (Anjab), analisis beban kerja (ABK), peta jabatan, serta mempertimbangkan pegawai yang memasuki usia pensiun. 

Pemkab Ende telah menyusulkan formasi CPNSD tahun 2013 sesuai dengan variabel kebutuhan yang ditetapkan tersebut. Untuk formasi umum, Pemkab Ende mengusulkan penerimaan sebanyak 720 orang. Namun, yang disetujui oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi hanya sebanyak 40 orang. 

Khusus untuk formasi umum ini, tenaga yang diterima pun telah ditetapkan oleh Menpan, yakni 30 orang dari tenaga guru sekolah dasar dan 10 orang dari guru produktif untuk kebutuhan SMK. 

Sementara formasi untuk tenaga honorer kategori II Kabupaten Ende sebanyak 1.341 orang. Keputusan penerimaan 1.341 orang ini sesuai dengan surat kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Jakarta.

Menurut Plt. Sekda Ende, Pemda mengusulkan 349 orang untuk kategori I, dan yang masuk database dan ikut testing sebanyak 243. Yang tidak masuk sebanyak 106 orang. Untuk kategori II, diusulkan 716, dan yang masuk database dan ikut test sebanyak 693. Yang tidak masuk database 23 orang. Kemudian terdapat tambahan database sebanyak 403, sehingga total tenaga honorer K2 dan luncuran K1 sebanyak 1.341 orang. 

Kepala BKD Ende Derson Duka menambahkan, dari 1.341 Kategori II, tenaga guru sebanyak 942 orang, tenaga kesehatan sebanyak 43 orang, tenaga penyuluh 2 orang, dan tenaga teknis administrasi sebanyak 354 orang. 

Derson Duka juga mengatakan, pendaftaraan CPNSD Kabupaten Ende dimulai hari ini, 10 September, dan akan berakhir pada 30 September 2013. Pemerintah memberikan waktu yang cukup lama bagi mereka yang ingin menjadi CPNSD untuk mengurus berbagai kelengkapannya. 

Pelaksanaan testing bagi CPNSD Kabupaten Ende, baik untuk formasi umum maupun formasi tenaga honorer, akan dilaksanakan pada 3 Nopember 2013. 

Pelamar umum akan menggunakan test kompetensi dasar dengan sistem Lembar Jawaban Komputer (LJK). Sementara untuk tenaga honorer K2, menggunakan sistem test kompetensi dasar dan test kompetensi bidang. Semua bahan akan diadakan oleh Biro Kepegawain Provinsi NTT di Kupang. Peserta diharapkan mempersiapkan diri sebaik-baiknya,”kata Derson Duka. 

(Anton Harus/Editor : Amandus Klau ) Ket. Foto: Kepala BKD kabupaten Ende, Derson Duka

Sumber: Flores Pos
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Eja Website | Kera Template | Eda Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Seputar Ende Lio - Elpas Group
Template Design by Eja Published by Kera Template