BUPATI LANTIK TIGA KEPALA DESA DI WILAYAH KECAMATAN ENDE - Seputar Ende Lio
Ende Berita :
Home » » BUPATI LANTIK TIGA KEPALA DESA DI WILAYAH KECAMATAN ENDE

BUPATI LANTIK TIGA KEPALA DESA DI WILAYAH KECAMATAN ENDE

Bupati Ende, Drs. Don Bosco M. Wangge, M. Si melantik tiga kepala desa dalam wilayah Kecamatan Ende, Selasa (18/06/2013). Acara pelantikannya berpusat di Desa Ndetundora Kecamatan Ende. Tiga kepala desa terlantik yakni  Baltasar Papa sebagai Kepala Desa Ndetundora II, Aloysius Hengianus Soro sebagai Kepala Desa Waja Kea Jaya dan Kletus Pita sebagai Kepala Desa Ria Raja. 

Dalam sambutannya Bupati Ende menjelaskan bahwa desa merupakan pemerintahan paling bawah namun paling berperan karena sebagai miniatur negara. Desa adalah lembaga pemerintahan yang paling dekat relasi antara masyarakat dengan pemegang kekuasaan. Untuk itu kepala desa dan perangkatnya diharapkan dapat melindungi dan mengayomi warga masyarakatnya. Sebab peran kepala desa sangatlah penting karena maju mundurnya pembangunan desa tergantung pada kepala desanya.

Bupati menambahkan, kepala desa selaku kepala Pemerintahan di desa harus mampu menjalankan tiga fungsi utama, yakni fungsi Pemerintahan Desa yang mencakup penyelenggaraan pelayanan publik, mengelolah sumber daya alam dan mengelolah keuangan desa. Selanjutnya fungsi pembangunan meliputi optimalisasi pemanfaatan sumber daya lokal, perencanaan pembangunan desa dan pengembangan ekonomi lokal. Sedangkan fungsi kemasyarakatan mencakup kegiatan sosial untuk memperkuat ketahanan sosial.

Menyangkut program Gerakan Swasembada Pangan (GSP), Bupati juga menyampaikan terima kasihnya kepada masyarakat Kabupaten Ende karena saat ini Kabupaten Ende masuk pada kategori daerah rawan pangan ringan yang semula berada pada kategori rawan pangan berat. Hal tersebut menunjukan, masyarakat Kabupaten Ende memanfaatkan pangan lokal sebagai pangan yang layak untuk dikonsumsi.

Pada akhir sambutannya, Bupat mengajak seluruh masyarakat untuk memerangi kemiskinan dan meningkatkan harkat dan martabatnya dengan bekerja keras sebagaimana tertuang dalam filosofi dan spirit pembangunan “ TAU HUNGU TUBU LIMA BITA WE KA MAE NERA LIMA”, dengan bergandengan tangan mewujudkan Ende Lio Sare Pawe.

Acara tersebut dihadiri Ketua TP PKK Kab. Ende, Ny. Felisitas M. B. Wangge, Kapolsek Ende Anis Djawo, para Kepala SKPD Lingkup Pemkab. Ende, Camat Ende beserta ibu dan masyarakat dalam wilayah Kecamatan Ende. (Ira-Hms)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Eja Website | Kera Template | Eda Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Seputar Ende Lio - Elpas Group
Template Design by Eja Published by Kera Template