KABUPATEN ENDE DAPAT DANA PPIP RP 11 MILIAR LEBIH - Seputar Ende Lio
Ende Berita :
Home » » KABUPATEN ENDE DAPAT DANA PPIP RP 11 MILIAR LEBIH

KABUPATEN ENDE DAPAT DANA PPIP RP 11 MILIAR LEBIH

Sabtu, 20 Juli 2013 08:05
Sebanyak 45 desa dan kelurahan di Kabupaten Ende mendapat dana Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan (PPIP) sebesar Rp 11 Miliar lebih. Dan untuk mengelolah angaran sebesar itu, para kepalah desa dan lurah mengikuti sosialisasi pemanfaatan dana PPIP bersama Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bidang Cipta Karya dan anggota DPR RI Yoseph Nae Soi di Aula Cita Rasa Ende, Rabu (17/7).

Para kepala desa dan lurah yang mengikuti sosialisasi berharap terus mendapatkan anggaran dari program pembangunan infrastruktur perdesaan. Kepada Anggota DPR RI Yoseph Nae Soi, para kades mengeluhkan tentang berbagai kebutuhan infrastuktur dasar masyarakat, seperti jalan, jembatan, air bersih, irigasi desa, perumahan layak huni, dan listrik.

Menurut para kades, masih banyak desa di Kabupaten Ende yang belum memiliki infrastruktur dasar yang layak. Masih ada desa yang terisolasi akibat jalan yang buruk, bahkan belum di buka sama sekali. Demikian juga untuk kebutuhan air bersih. Banyak desa, bahkan kecamatan, belum menikmati air bersih.

Dari semua itu, yang paling memprihatinkan adalah soal penerangan. Para kepala desa sangat mengharapkan agar anggota DPR RI dari Partai Golkar ini memperjuangkan penerangan listrik di desa-desa, yang sampai saat ini belum menikmati penerangan listrik. Para kepala desa menyampaikan terimakasih kepada Yos Nae Soi yang mau bertemu para kepala desa dan mendengarkan apa yang terjadi kebutuhan masyarakat desa di Kabupaten Ende. 

Kepala Desa (Kades) Ja Mokeasa menyampaikan bahwa selama ini belum pernah mendapat jatah dana PPIP. Sementara dari Desa Nggesa, Yuven D, menyampaikan tentang sulitnya transportasi yang menghubungkan Detukeli dengan Maurole. Hal ini terjadi akibat jalan raya dari Desa Nggesa dan sekitarnya di Kecamatan Detukeli menuju Maurole masih rusak berat. Jika ingin ke Maurole, warga Nggesa terpaksa harus memutar jauh lewat jalur timur. Untuk itu, ia berharap agar dengan dana PPIP kebutuhan infrastruktur dasar masyarakat seperti jalan, jembatan, air bersih, listrik, irigasi desa, embung dan lain sebagainya dapat terpenuhi.

Menjawab keluhan para kepala desa di Kabupaten Ende, Yoseph Nae Soi menyatakan akan terus berjuang di pusat agar permintaan masyarakat ini dapat di penuhi. Kepada desa-desa penerima dan PPIP, Nae Soi mengimbau untuk memanfaatkan anggaran yang ada sebaik-baiknya. “Gunakan anggaran Rp 250 juta ini untuk membangun sarana dan prasarana masyarakat yang sangat dibutuhkan masyarakat,” katanya.

Nae Soi juga memberikan apresiasi atas terobosan pemerintahan Kabupaten Ende yang telah membuka akses di jalur selatan. Menurut Nae Soi, dengan dibukanya jalur selatan, maka kantong-kantong produktif di daerah tersebut dapat dibuka. Nae Soi sangat mengharapkan agar di tahun 2014 nanti, jalan pantai selatan Kabupaten Ende sudah bisa tembus. Dengan demikian, akses transportasi akan lebih baik lagi. Selain membuka kantong-kantong ekonomi, jalur selatan juga bisa menjadi jalur alternative bagi transportasi Flores.

Mansyur Muhamad, Kepala Seksi Perencanaan Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Ende, mengatakan kehadiran DPR RI Yos Nae Soi hadir di Ende untuk membangun Kabupaten Ende. Berbagai usaha dan perjuangan untuk pembangunan selama ini akan dilanjutkan. Infrastruktur yang dibangun dengan dana PPIP selama ini mencapai 45 persen. Dana PPIP yang telah masuk mencapai Rp 20-an miliar lebih. Untuk tahun 2013 saja, dana yang akan dikucurkan ke desa-desa dan kelurahan di Ende sebanyak Rp 14 miliar. Untuk tahun 2013, terdapat 45 desa penerima PPIP, yakni 3 desa regular I, 13 desa regular II, dan 29 desa untuk APBNP. Total untuk Kabupaten Ende sebanyak 45 desa.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU Ende Lenon Fransiskus menambahkan, berkat komunikasi yang baik dengan anggota DPR RI Yos Nae Soi selama ini, banyak dana PPIP yang masuk ke Kabupaten Ende. Untuk mendatangkan dana besar ke daerah, butuh figur yang tepat di pusat. (Anton Harus/Editor : Amandus Klau)

Ket. Foto: Anggota DPR RI Yoseph Nae Soi

Sumber : Flores Pos  

 
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Eja Website | Kera Template | Eda Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Seputar Ende Lio - Elpas Group
Template Design by Eja Published by Kera Template