PERINDAG NTT GELAR PELATIHAN PENGOLAHAN IKAN DI ENDE - Seputar Ende Lio
Ende Berita :
Home » » PERINDAG NTT GELAR PELATIHAN PENGOLAHAN IKAN DI ENDE

PERINDAG NTT GELAR PELATIHAN PENGOLAHAN IKAN DI ENDE

Rabu, 17 Juli 2013 07:54
Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Nusa tenggara Timur menggelar kegiatan pelatihan pengolahan ikan bagi ibu-ibu kelompok Ikan Mas dan Taves Kelurahan Onekore Kecamatan Ende Tengah Kabupaten Ende. Kegiatan pelatihan tersebut berlangsung selama 3 (tiga) hari dari tgl 16 s/d 18 Juli di Aula Kantor Yusra Jalan Udayana Ende dan dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Ende, Donatus Randa Ma mewakili Bupati.

Panitia penyelenggara dalam laporannya yang disampaikan Maria M. Asbanu mengatakan, tujuan diadakan pelatihan pengolahan ikan ini adalah untuk menambah wawasan bagi masyarakat dan pengrajin industri rumah tangga tentang teknik-teknik pengolahan produk pangan kedalam berbagai aneka produk yang berbahan dasar ikan. Sementara instruktur yang memberikan materi dalam pelatihan ini terambil dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Nusa Tenggara Timur.

Kadis Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Nusa Tenggara Timur,Ir/ Frederik. J.W.Tielman, M.Si dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Bidang Industri Agro dan Kimia, Ir. A. Irianto mengatakan,Industri Kecil dan Menengah (IKM) maupun Industri Kecil Rumah Tangga (IKRT) baik kerajinan, tenun maupun  pangan merupakan salah satu sektor industri yang mempunyai peranan cukup strategis dalam menggerakan perekonomian di suatu wilayah, disamping untuk meningkatkan PAD, menyerap tenaga kerja, menyediakan lapangan usaha dengan memanfaatkan potensi yang ada juga memberikan tambahan pendapatan bagi masyarakat.

Lebih lanjut Tielman mengatakan, sub sektor industri kecil pengolahan pangan memiliki peran penting dan khusus untuk memenuhi kebutuhan pangan yang berguna bagi kesehatan masyarakat.

Namun  Kadis Perindag NTT,Tielman mengakui, bahwa masih ada sejumlah masalah yang dialami para pelaku IKM dan IKRT seperti, minimnya pengetahuan tentang pengolahan pangan, jiwa kewirausahaan masih rendah, produk yang dihasilkan belum memiliki daya saing, belum mampu menjadi penyedia barang yang berkualitas dan tersedia secara kontinyu serta akses terhadap sumber permodalan masih sulit.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Ende Don Randa Ma saat menyampaikan sambutan  mewakili Bupati Ende, Don Bosco M. Wangge mengatakan, Kabupaten Ende memiliki potensi yang luar biasa di bidang kelautan dan apabila dikembangkan akan membawa dampak positif bagi masyarakat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan mereka. Untuk itu Pemerintah Kabupaten  Ende menyambut baik dan memberikan apresiasi bagi pihak penyelenggara dalam hal ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan Propinsi NTT yang telah memilih Ende sebagai tempat pelatihan.

Kegiatan pelatihan ini demikian Don Randa Ma diharapkan dapat memberi nilai tambah bagi peserta khususnya para ibu dalam hal mengolah ikan menjadi beberapa jenis penganan yang apabila dijual ke pasaran akan bernilai tinggi. Sehingga kedepannya kehidupan perekonomian masyarakat lebih meningkat.

Pada kesempatan tersebut panitia penyelenggara juga memberikan bantuan peralatan pengolahan ikan yang diserahkan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Ende mewakili Bupati kepada ibu-ibu perwakilan kelompok ikan mas dan ikan Taves.(Humas Setda Ende/ Helen Mey)

Ket. Foto: Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Ende, Don Randa Ma
 
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Eja Website | Kera Template | Eda Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Seputar Ende Lio - Elpas Group
Template Design by Eja Published by Kera Template