KADES DAN BPD TIDAK BISA TERPISAHKAN DARI SISTEM PEMDES - Seputar Ende Lio
Ende Berita :
Home » » KADES DAN BPD TIDAK BISA TERPISAHKAN DARI SISTEM PEMDES

KADES DAN BPD TIDAK BISA TERPISAHKAN DARI SISTEM PEMDES

Sabtu, 29 Juni 2013 10:06
Dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa (Pemdes), kepala desa (kades) dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) tidak bisa terpisahkan satu dengan yang lainnya. Hal ini dimaksudkan bahwa dalam menjalankan roda pemerintahan di desa, kedua unsur ini sama-sama harus bisa memainkan perannya dan bekerja sama demi melancarkan kegiatan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan di desa. Hal ini ditegaskan Bupati Ende, Don Bosco M. Wangge dalam sambutannya usai melantik Kepala Desa Ranga terpilih periode 2013-2018, Rafael Kaki Roga di pelataran kampung Ranga, Kamis (27/7).

Menurut Bupati Don Wangge, pemdes merupakan ujung tombak penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan di desa. Selain kedua unsur tersebut, menurut Bupati Don Wangge, yang tidak kalah pentingnya dalam menentukan keberhasilan pembangunan dan kemajuan desa adalah masyarakat. unsur ini tidak kalah pentingnya dengan kades dan BPD. Untuk itu, kunci utama dalam menyelenggarakan roda pemerintahan desa adalah keterbukaan, kebersamaan dan kepercayaan. “Jika kamu mau Desa Ranga menjadi desa yang maju dan sejahtera, maka antara kades, BPD dan semua unsur masyarakat harus bisa seote, seate, boka ki bere ae.” Kata Bupati Wangge.

Jika beberapa hal tersebut dapat dipegang dan dipertahankan, Bupati Don Wangge yakin semuanya program akan berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang direncanakan bersama.

Sementara usai pelantikan, Kades Ranga, Rafael Kaki Roga, yang sempat dimintai komentarnya, kepada Humas Setda Ende mengatakan, ia cukup menyimak dan siap melaksanakan apa yang telah diamanatkan Bupati Don Wangge demi mewujudkan cita-cita bersama seluruh masyarakat Desa Ranga. Menurut Rafael Roga, ia tidak menurunkan program yang terlalu besar dan muluk. Ia bertekat akan melanjutkan program kades terdahulu yang belum sempat terwujud yakni perpipaan untuk air bersih. Selain itu, kata Rafael, yang menjadi program prioritasnya nanti dari dana Alokasi Dana Desa (ADD) adalah perbaikan pengairan untuk sawah dan perbaikan perumahan rakyat. Dan ia berkomitmen untuk dapat bekerja sama dengan berbagai unsur yang ada di desa. Karena menurut Rafael dirinya tidak dapat menjalankan roda pemerintahan seorang diri tanpa unsur-unsur tersebut. Sehingga apa yang menjadi cita-cita bersama, yakni masyarakat Desa Ranga yang maju dan sejahtera dapat terwujud. (Humas/Min Anggo)


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Eja Website | Kera Template | Eda Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Seputar Ende Lio - Elpas Group
Template Design by Eja Published by Kera Template